Manchester United lolos masuk ke semifinal


Manchester United lolos masuk ke semifinal

Manchester United lolos masuk ke semifinal. Butuh perjuangan yang ekstra keras bagi Machester United untuk melalui babak perempat final. Melawan Conpenhagen pada hari Selasa (11/8/2020), pasukan Ole Gunnar Solskjaer itu meraih kemenangan dengan skor 1-0.

Peluang emas the Red Devils baru tercipta pada menit ke-21 lewat sundulan Bruno Fernandes dalam situasi kemelut dari sepak pojok. Sayangnya bola hanya mengenai mistar gawang!

Manchester United mesti menunggu gol pertamanya tercipta hingga babak extra time. Pertahanan rapat Copenhagen seperti itu sulit untuk ditembus dan aksi gemilang Karl-Johan Johnsson membuat barisan serang MU frustrasi.

Pada menit ke-23, wasit sempat menunjuk titik putih setelah Martial terjauh di kotak terlarang. Tetapi wasit membatalkan keputusan hal tersebut setelah berkonsultasi dengan tim VAR sebab Maguire telah berada di posisi offside sebelumnya.

Gawang Copenhagen hasilnya bergetar di masa injury time babak pertama melalui tembakan Mason Greenwood. Sayang wasit menganulir gol tersebut sebab sang penyerang telah berada dalam posisi offside.

Dua kali Manchester United melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, masing-masing di menit ke-68 dan 69 melalui Bruno Fernandes dan Paul Pogba. Melainkan gagal menjadi gol sebab berhasil diselamatkan oleh Karl-Johan Johnsson.

Copenhagen bahkan melaksanakan beberapa serangan. Pada menit ke-81, Guillermo Varela terlihat dijatuhkan oleh Brandon Williams di kotak terlarang Manchester United. Tetapi wasit tak memberikan hadiah penalti kepada Copenhagen.

Pertahanan Copenhagen mulai goyah. Martial menemukan celah dan menusuk seorang diri dan melepaskan tembakan di kotak penalti lawan dan lagi-lagi, Johnsson melaksanakan penyelamatan gemilang sampai menggagalkan peluang Manchester United!

Skor imbang 0-0 bertahan hingga masa injury time babak kedua berakhir. Pertandingan terpaksa berlanjut sampai ke babak extra time.

Jalannya Pertandingan

Setan Merah tampil terbuka sejak menit awal pertandingan. 10 menit pertama dikuasai skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu, tetapi belum ada peluang emas tercipta.

Copenhagen balik mengancam di menit ke-12. Mohamed Daramy menembak bola ke arah gawang MU, tetapi Sergio Romero bisa mengagalkan upaya tersebut.

MU berharap mendapatkan penalti di menit ke-22 setelah Anthony Martial terjatuh di kotak terlarang saat berduel di udara dengan barisan pertahanan Copenhagen. Video Assistant Referee (VAR) memutuskan tidak ada pelanggaran yang terjadi dan goal kick buat Copenhagen.

Mason Greenwood menggetarkan jala Copenhagen di menit ke-44 lewat bola tembakan kerasnya. Tetapi, gol itu dianulir VAR lantaran pemain muda MU itu lebih dulu terjebak offside sebelum menerima umpan dari Rashford.

Tidak ada gol tercipta hingga memasuki masa jeda. Babak pertama ditutup dengan skor kacamata 0-0.Selepas turun minum, MU tidak mengendurkan serangannya. Rashford menjebol gawang Copenhagen di menit ke-56 setelah menerima bola muntah tendangan Greenwood yang membentur tiang. Namun, striker asal Inggris itu lebih dulu offside sebelum menendang bola.

Manchester United lolos masuk ke semifinal

Fernandes nyaris mencetak gol di menit ke-63 usai melepaskan bola tendangan di luar kotak penalti. Bola hanya membentur tiang gawang.

Di menit ke-83, Martial mengancam melalui tendangan jarak jauhnya yang mengarah ke gawang Copenhagen. Johnsson melakukan penyelamatan gemilang dengan terbang menepis bola dengan satu tangan dan hanya menghasilkan tendangan sudut buat MU.

Hingga babak kedua berakhir, belum ada gol yang bisa dihasilkan masing-masing tim. Duel Man United vs Copenhagen pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak tambahan, MU mendapatkan hadiah penalti usai Martial dilanggar di kotak penalti. Fernandes maju sebagai eksekutor.

Manchester United menerima hadiah penalti di babak pertama extra time. Martial yang berkeinginan melepaskan tembakan di kotak terlarang dijatuhkan oleh Andreas Bjellend. Bahkah wasit menunjuk titik putih dan keputusannya dipertegas oleh tim VAR.

Bruno Fernandes yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menunaikan tugasnya dengan baik dan bagus. Dia berhasil menggetarkan jala gawang Copenhagen waulaupun Johnsson berhasil menebak arah bidikannya. 1-0.

Statistik tim

Manchester United lolos masuk ke semifinal

Keunggulan ini tak membuat Manchester United mundur. Mereka terus menyerang dan pada menit ke-103, kesempatan tercipta melewati tembakan pemain substitusi atau pengganti, Juan Mata. Sayang bidikannya masih menjulang tinggi di atas gawang.

Kesempatan kembali tercipta jelang babak pertama extra time berakhir. Mata yang menemukan ruang tembak di kotak penalti mencoba peruntungannya. Lagi-lagi Johnsson menepisnya. Victor Lindelof berupaya menyapu bola mentahannya tetapi cuma mampu membentur tiang gawang!

Tak banyak kesempatan yang tercipta di babak kedua extra time. Pada akhirnya, Mancherster United berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0 berkat gol penalti Bruno Fernandes dan dinyatakan lolos ke semi-final, diulas dari bola.net

Manchester United pernah gagal menang di pekan ke-37 Premier League. Akan tetapi, hasil buruk yang diraih para rival membuat Setan Merah naik ke posisi ketiga klasemen Premier League musim 2019/2020.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): Sergio Romero; Aaron Wan- Bissaka, Eric Bailly (Victor Lindelof 71'), Harry Maguire, Brandon Williams; Paul Pogba, Fred (Nemanja Matic 70'); Mason Greenwood (Juan Mata 90'), Bruno Fernandes, Marcus Rashford (Jesse Lingard 113'); Anthony Martial (Scott McTominay 120').

Copenhagen (4-4-2): Karl-Johan Johnsson; Guillermo Varela (Karlo Bartolec 105'), Victor Nelsson, Andreas Bjellend, Nicolai Boilesen (Pierre Bengtsson 15'); Pep Biel (Brian Oviedo 58'), Jens Stage (Robert Mudrazija 105'), Zeca, Rasmus Falk Jensen (William Vick 111'); Mohammed Daramy (Mikkel Kaufmann 57'), Jonas Wind.

Komentar